Ads 970x90

List Labels

iklan banner

Newsletter

Tutorial Laravel Indonesia Lengkap - Niagahoster Tutorial Laravel 5.7 Indonesia

Post a Comment

Tutorial Laravel Indonesia Lengkap - Niagahoster

Hi, selamat malam, sesi kali ini akan membawakan tentang tutorial laravel 5.7 indonesia Tutorial Laravel Indonesia Lengkap - Niagahoster simak selengkapnya 

Pengertian Laravel

Laravel adalah PHP open source framework yang yang dibangun dengan model view controller dan dibekali dengan berbagai ala sintaks. Sejak diluncurkan tarikh 2011, membuat website dengan Laravel banyak digemari oleh berbagai komunitas programmer di Github, dini akan datang menyebar ke seluruh dunia.

Framework ini mempersiapkan beberapa jenis PHP library dan beberapa fungsi asing yang bisa melampiaskan Anda menuliskan alur kode. Framework Laravel dibuat dengan tujuan memperindah cara untuk membuat website.

Laravel terkenal biasa dan aksi karena pembuatannya tentu ditujukan untuk end-user. Framework ini jua terkenal dengan dokumentasinya yang lengkap dan acap diperbarui. Setiap bakal ada pembaharuan ke versi terbelakang acap ada pembaharuan pada dokumentasi.

The PHP Framework For Web Artisans

Pada halaman website utama, Laravel mendeskripsikan diri sebagai “The PHP Framework For Web Artisans“. Artinya adalah Laravel dibuat untuk anak Adam – anak Adam yang menyukai seni.

Tujuan abdi pada esai Laravel tutorial untuk pembimbing ini adalah membuat arahan berguru laravel dari awal. Mulai dari cara persiapan dini mengembangkan.

Laravel sangat klop digunakan untuk ekspansi sistem yang layak kompleks. Jika cuma sistem biasa dirasa tidak cocok dengan cara pengembangannya.

laravel tutorial

Apa yang Perlu Anda Persiapkan Sebelum Mengikuti Tutorial Laravel?

Sebelum berguru Laravel dasar, ada beberapa keadaan yang harus Anda ketahui agar bertambah mudah fasih Laravel bimbingan ini. Daftar bersama-sama merupakan alas yang bisa Anda pelajari lebih-lebih dahulu dini belajar bertambah jauh bimbingan Laravel ini.

  • Dasar dari penggunaan PHP
  • Dasar dari MVC Framework

Akan tetapi, Anda bisa berikhtiar fasih ala perlahan melanda alas Laravel bimbingan alias pemahaman framework. Pada esai ini abdi bakal berikhtiar melepaskan konten yang ringan sehingga anak Adam yang tidak familiar dengan pemograman bisa fasih dengan mudah.

Kebutuhan Server

Proses instalasi dilakukan pada web server. Anda bisa menggunakan layanan penyedia VPS seperti Niagahoster atau bisa jua dengan menggunakan laptop yang telah diinstal web server.

Selain VPS, Anda jua dapat menggunakan server hosting untuk menjalankan website yang dibangun menggunakan framework Laravel. Namun pastikan server hosting mendukung penggunaan Laravel. Niagahoster kecuali mempersiapkan layanan VPS jua mempersiapkan layanan hosting dengan dukungan Laravel di dalamnya.

Sebelum melakukan cara instalasi, Anda harus memastikan andaikan server yang Anda gunakan telah memadati beberapa perjanjian bersama-sama ini.

  • Web Server
  • PHP >= 7.1.3
  • Database Server
  • Tokenizer PHP Extension
  • OpenSSL PHP Extension
  • PDO PHP Extension
  • Ctype PHP Extension
  • JSON PHP Extension
  • Composer

Cara Install Laravel & Konfigurasi

Ada berbagai cara melakukan instalasi Laravel di Mac, Linux, maupun Windows. Pada laravel bimbingan ini abdi melepaskan step by step cara menggunakan Laravel pada sistem aktivitas Linux dan melakukan instalasi Laravel dengan composer.

Langkah 1 – Download Composer

Catatan: Pastikan LAMP Server telah bepergian dengan baik.

Untuk memulai cara instalasi composer, Anda bisa menjalankan aba-aba bersama-sama pada terminal.

$ curl -sS https://getcomposer.org/installer | php

$ sudo mv composer.phar /usr/local/bin/composer

Jika aba-aba tersebut telah tidak bisa, Anda bisa mengunjungi website Download Composer.

Setelah terinstal, Anda harus menjalankan ulang Httpd Server.

$ sudo systemctl restart httpd

 Jika perlu, lakukan update composer.

$ sudo composer self-update

Langkah 2 – Instalasi Laravel

Composer telah terinstal, langkah berikut adalah melakukan instalasi Laravel menggunakan perintah:

$ composer garis besar require “laravel/installer”

Saat menjalankan aba-aba tersebut alkisah daftar bakal berubah ke /home/user/.config/composer secara otomatis. Hal ini untuk memastikan acara Laravel bisa bepergian pada sistem.

Lakukan pengecekan untuk memastikan andaikan Laravel telah berjaya terinstall dengan menggunakan aba-aba “laravel”.

$ laravel new blog

Perintah laravel new bakal membuat instalasi Laravel aktual dengan nama berkas “blog” pada daftar aktif.

Jika terdapat error “Laravel PHP Command Not Found“, Anda bisa melakukan pengecekan pada .bash_profile dan menambahkan alur aba-aba untuk memandu alur aba-aba “laravel”.

$ sudo nano ~/.bash_profile

dan tambahkan baris

export PATH=~/.composer/vendor/bin:$PATH

Jika aba-aba “laravel new blog” telah berjaya dijalankan, berkas “blog” bakal dibuat ala otomatis pada daftar aktif dimana aba-aba itu dijalankan. Masuk ke berkas “blog” menggunakan aba-aba cd, akan datang gunakan aba-aba “php artisan serve” untuk menjalankan acara ekspansi pada server lokal.

$ php artisan serve

Perintah tersebut untuk menjalankan sama dengan virtual web server pada Laravel. Setelah berjalan, akses URL http://localhost:8000, dan Anda bakal memandang tampilan bersama-sama ini:

laravel tutorial

Tampilan tersebut merupakan hasil pemanggilan file index  indeks yang berada pada berkas /blog/public di instalasi laravel yang mulanya dijalankan.

Struktur Folder Laravel

Pada saat membuat instalasi di belahan Laravel bimbingan sebelumnya, terbentuk bangun berkas Laravel, bersama-sama adalah tampilannya, lengkap dengan penjelasannya.

laravel tutorial

    • app, berkas ini ampuh kode inti yang terdiri dari panca folder.
    • Console, berkas ini ampuh semua aba-aba Artisan yang dibuat dengan make:command.
    • Exception, berkas ini ampuh semua handler pengecualian dan berkas ini bagus untuk menambahkan class yang telah disesuaikan sendiri untuk menangani pengecualian yang diberikan aplikasi.
    • Http, berkas ini ampuh fungsi controllers, middleware dan requests.
    • Providers, berkas ini ampuh semua penyedia layanan (service provider) untuk aplikasi.
    • bootstrap, berkas ini ampuh semua framework bootstrap begitu jua dengan file konfigurasi.
    • config, berkas ini ampuh semua file konfigurasi aplikasi.
    • database, berkas ini ampuh semua database evakuasi dan seeds.
    • public, berkas ini ampuh semua assets bagai gambar, file javascript, dan CSS.
    • resource, berkas ini ampuh assets anom bagai file LESS & Sass, harmonisasi waktu, dan bahasa.
    • routes, berkas ini ampuh semua arah yang didefinisikan pada aplikasi.
    • storage,folder ini ampuh peyimpanan App, bagai unggahan file, cache, dan log.
    • app
    • framework
    • tests, berkas ini ampuh semua file percobaan.
    • vendor, berkas ini ampuh semua file dependency.

Penyedia layanan (service provider) merupakan area baku untuk bootstrap Laravel alias bisa diartikan sebagai belahan baku untuk mengkonfigurasi aplikasi.

Bootstrap yang dimaksud pada umumnya adalah mendaftar suatu komponen, teperlus rute, event listeners, dan middleware, dan container container bindings.

Konfigurasi Dasar

Setelah semua cara dijalankan dan Anda  telah fasih bangun berkas Laravel, kini abdi bakal membahas konfigurasi alas yang disarankan untuk dijalankan.

1. Amankan Data Menggunakan Application Key

Setelah melakukan instalasi Laravel, langkah berikut yang harus Anda jalankan adalah mengamankan data lebih-lebih dahulu. Jika gerendel ini tidak diterapkan, aktivitas pengguna dan bersama-sama datanya tidak bakal aman. Pengamanan ini dapat dilakukan dengan membarui application key (kunci aplikasi) ke string acak.

Caranya, Anda bisa mengeksekusi aba-aba php artisan key:generate. Akan ada file .env pada daftar root yang ampuh string dengan panjang 32 karakter. Jika tidak ada, Anda bisa menyalin file .env.example menjadi file .env.

2. Pengaturan untuk Direktori Public

Pada kasus tertentu web server tidak bisa melantas memanggil file index.php yang berada pada berkas public Laravel. Jadi Anda harus memandu web server untuk memanggil akta alias web root ke berkas public.

Perlu diketahui, andaikan Anda menjalankan Laravel pada web server lokal, alkisah Anda harus merubah benar akses pada berkas storage dan bootstrap/cache menjadi 777 dengan chmod.

$ chmod 777 -R /blog/storage

$ chmod 777 -R /blog/bootstrap/cache

Folder “blog” merupakan berkas instalasi Laravel.

Jika benar akses ini diatur, Anda bisa mengakses file indeks tanpa harus menjalankan perintah “php artisan serve”, bakal tetapi berkas kudu berada pada berkas web server.

3. Pengaturan Cache

Supaya aplikasi dapat bepergian dengan cepat, Anda kudu memanipulasi cache pada Laravel dengan menggunakan aba-aba config:cache pada saat cara produksi.

$ php artisan config:cache

4. Konfigruasi Lain

Jika Anda embuh memanipulasi konfigurasi asing bagai harmonisasi timezone & locale pada config/app.php yang bisa Anda sesuaikan dengan keperluan aplikasi.

Semua konfigurasi file ada di berkas config, beres Anda bisa membocorkan berkas tersebut untuk melihat barang apa saja konfigurasi yang disediakan.

Mengenal Fitur Mode Pada Laravel

File .env jua digunakan sebagai file konfigurasi untuk beberapa karakteristik mode pada Laravel. Mode yang tersedia bagai mode develop dan maintenance. Mode bisa digunakan pada saat Anda melakukan cara pabrikasi aplikasi dari ekspansi berbatas dengan pengetesan. Saat karakteristik mode diaktifkan, alkisah aplikasi selagi bakal dinonaktifkan dan tampilan bakal diganti sesuai dengan mode yang alang aktif.

  • Mode Pemeliharaan (Maintenance Mode)

Saat Anda alang berikhtiar meluruskan aplikasi, bakal bertambah nyaman andaikan aplikasi dalam kondisi dinonaktifkan supaya pengujung tidak memajukan error ketika terjadi masalah. Selain itu, andaikan aplikasi tidak diaktifkan sama sekali, pengunjung dapat memandang error tersebut.  Hal ini tentu tidaklah baik alokasi Anda. Oleh karenanya, maintenance mode harus diaktifkan.

Untuk mengaktifkan mode pemeliharaan, Anda bisa menggunakan aba-aba bersama-sama :

$ php artisan down

maka pada aplikasi bakal ada halaman mode pemeliharaan.

Anda bisa mengaktifkan kembali dengan aba-aba up.

$ php artisan up

Tampilan karakteristik mode bisa Anda atur pada berkas resources/views/errors.

Baca : Membuat Aplikasi Laravel Sederhana

Kesimpulan

Laravel merupakan framework yang layak andal. Hanya saja, penerapannya dapat melinglungkan pengguna yang masih biasa soal pemrograman. Padahal, Laravel menawarkan kesederhanaan dalam penulisan kode, di samping karakteristik kebahagiaan yang berlainan dengan framework lain. Jika Anda embuh berguru framework yang bertambah mudah, abdi sarankan untuk tidak melantas berguru Laravel.

Ada beberapa mode yang bisa Anda manfaatkan pada cara ekspansi aplikasi. Mode ini membantu memajukan informasi andaikan website alang dalam cara perbaikan.

Jika Anda merupakan pengembang yang menyukai kerapian dan kesederhanaan dengan performa andal, pelajarilah Laravel tutorial. Laravel mampu menjadikan sistem Anda bertambah canggih dan aman.


Semoga esai Laravel bimbingan alas ini bisa membantu Anda dalam mengembangkan kemampuan di bidang pemograman. Jika ada masukan jangan sungkan untuk melepaskan komentar alias subscribe untuk bimbingan terbelakang dari kami.

Referensi:

[1] Laravel Tutorial for Beginner: Create your First To-Do App in Laravel 5.4

[2] Laravel Installation – Basic Task List

[3] Learn Laravel Tutorial Absolute Beginner

[4] Dokumentasi Instalasi Laravel

begitulah penjelasan mengenai Tutorial Laravel Indonesia Lengkap - Niagahoster semoga info ini menambah wawasan salam

Artikel ini diposting pada kategori tutorial laravel 5.7 indonesia, tutorial laravel 5.7 bahasa indonesia, tutorial laravel 5.7 indonesia pdf, , tanggal 04-08-2019, di kutip dari https://www.niagahoster.co.id/blog/laravel-tutorial/

Related Posts

Post a Comment