Ads 970x90

List Labels

iklan banner

Newsletter

8 Cara Mengatasi 502 Bad Gateway Pada Website - Niagahoster Blog Whatsapp Gateway Padalaravel

Post a Comment

8 Cara Mengatasi 502 Bad Gateway Pada Website - Niagahoster Blog

Allow, bertemu kembali, sesi kali ini akan membahas mengenai whatsapp gateway padalaravel 8 Cara Mengatasi 502 Bad Gateway Pada Website - Niagahoster Blog simak selengkapnya 

Waryanto Follow Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

2 min read

Apa itu 502 Bad Gateway?

502 bad gateway

502 Bad Gateway adalah salah satu error yang tak hanya biasa terdapat ala WordPress, membeda-bedakan juga website lain dengan platform berbeda. Dampak dosa ini bisa cukup serius memengaruhi website Anda, terutama dari segi penurunan visitor.

Apa yang jadi gara-gara 502 Bad Gateway? Berikut diantaranya:

  • Cache browser Anda
  • Permasalahan DNS
  • Plugin & template Anda
  • CDN
  • Log Error



Dalam tutorial bersama-sama ini abdi bakal membahas apa yang menyebabkan error tersebut serta aturan efektif untuk mengatasinya.

Cara melampaui 502 Bad Gateway

Kesalahan ini umumnya disebabkan akibat bab ala server, namun tak renggang dikarenakan bab dari bidang website sendiri. Dalam kesempatan ini abdi bakal membahas gara-gara serta aturan jalan keluar meluruskan 502 bad gateway agar website Anda bisa diakses kembali.

1. Refresh Halaman Website

502 bad gateway

Hal yang pertama kali harus Anda lakukan kala menciptakan error 502 adalah melakukan refresh halaman website alias dengan menekan tombol F5 ala keyboard. Kemudian, silakan menunggu menagih meminta menuntut hingga jumlah menit ke depan. Kesalahan bisa disebabkan akibat server yang alang overload.

Untuk melakukan pengecekan, silakan jalan masuk website Anda melalui browser berlainan alias private browser.

Cara lain untuk mengeceknya, Anda bisa memanfaatkan tool online seperti downforeveryoneorjustme.com. Jika Anda ingin mengetahui lebih lengkap melanda tool untuk membuktikan server, silakan baca artikel melanda tool untuk membuktikan website down alias tidak.

2. Hapus Cache Browser Anda

502 bad gateway

Menghapus cache browser adalah aturan lain untuk melampaui bab tersebut. Cara ini harus Anda lakukan guna memastikan error yang ada bukan berasal dari halaman error yang tersimpan ala browser Anda.

3. Masalah ala DNS

Penyebab lain dari error 502 Bad Gateway adalah bab ala DNS, andaikan domain tak mengarah ke alamat IP yang benar. Kesalahan acap terjadi kala Anda memindahkan website. Oleh akibat itu, Anda harus menunggu hingga 24 arloji ke depan untuk menyelesaikannya.

Anda juga bisa melakukan flush DNS. Cara ini tak jauh berlainan seperti Anda menghapus cache browser.

Jika Anda belum mengatahui caranya, silakan ikuti tutorial cara flush DNS.

4. Lakukan Pengecekan ala Layanan Hosting

Penyebab error 502 yang paling sering terjadi biasanya disebabkan akibat adanya bab ala web hosting yang Anda gunakan. Misalnya akibat website Anda terlampau banyak melakukan query.

Masalah ini biasanya lebih sering dialami akibat pengguna shared hosting, dimana terdapat script yang bakal menghentikan request dari query website Anda. Hal ini dilakukan guna mengambang server down dan berimbas ke pengguna lainnya dengan server yang sama.

Jika error tersebut akibat bab ala web hosting yang Anda gunakan, abdi mencadangkan Anda untuk beralih ke VPS, seperti layanan Cloud VPS Hosting Niagahoster.

5. Cek Plugin dan Template

Plugin serta template Anda bisa jadi pangkal persoalan error 502 Bad Gateway. Script maupun query dari website Anda bisa saja dihentikan akibat sistem server akibat adanya script ala WordPress yang bermasalah. Nah, pangkal persoalan tersebut acap terdapat ala plugin alias template yang Anda instal.

Untuk melampaui hal ini, Anda bisa melakukan pengecekan dengan aturan menonaktifkan semua plugin, akan datang coba jalan masuk website Anda balik sebelum memastikan error tersebut lagi ada alias tidak.

Untuk menonaktifkan plugin silakan login ke dashboard WordPress terlebih dahulu akan datang pilih menu Plugins > Installed Plugins. Kemudian, berikan tanda centang-perenang awut-awutan ala semua plugin, pilih Deactivate ala menu dropdown dan klik Apply. Visualisasi penjelasan lebih lanjut bisa Anda lihat ala gambar di bawah ini.

502 bad gateway

Jika dashboard WordPress Anda tak bisa diakses, penonaktifkan plugin bisa melalui FTP Client seperti FileZilla. Untuk menonaktifkan plugin, Anda bisa mengubah nama folder plugins jadi nama lain, misalnya plugins-nonaktif.

Selanjutnya, jalan masuk folder plugins dengan aturan bersarang ke direktori baku instalasi WordPress Anda, akan datang buka folder wp-content.

Jika error sudah tak muncul, silakan aktifkan balik plugin Anda satu bagi satu melalui dashboard WordPress. Jangan lupa juga namai balik folder plugins yang lebih dahulu telah Anda diubah.

6. Nonaktifkan CDN untuk Sementara

Jika website Anda menggunakan CDN seperti CloudFlare, silakan nonaktifkan untuk sementara waktu dengan aturan mengubah nameserver CloudFlare dengan nameserver hosting Anda.

7. Cek ala Error Log

Jika kemunculan error 502 bad gateway ala website ada setelah Anda melakukan alterasi tertentu, maka kemungkinan besar alterasi itulah yang menyebabkan error 502 bad gateway. Melihat error log adalah salah satu jalan untuk mengetahuinya.

Untuk mengaktifkan error log ala wordpress, Anda cukup me-lanjutkan jumlah line dibawah ke wp-config.

define( 'WP_DEBUG', true ); 
define( 'WP_DEBUG_LOG', true ); 
define( 'WP_DEBUG_DISPLAY', false );

Untuk melihat alterasi entry yang terjadi, Anda bisa mengakses file wp-contents/debug.log untuk menganalisa error yang terjadi.

8. Hubungi Customer Support

Cara ini adalah langkah terakhir kala persoalan 502 bad gateway tak selesai menggunakan jumlah aturan yang telah dijelaskan diatas. Jelaskan kronologi dan waktu Anda menemui error 502 bad gateway.


Itulah jumlah aturan untuk melampaui error 502 Bad Gateway ala website WordPress Anda. Seperti yang telah abdi jelaskan sebelumnya, error tersebut biasanya tak disebabkan dari bidang klien, membeda-bedakan akibat adanya persoalan ala server.

Selain itu, plugin alias template dengan struktur code yang buruk juga bisa jadi gara-gara baku error tersebut.

Jika Anda ingin me-lanjutkan aturan lain untuk melampaui error 502, nir- ragu untuk menyampaikannya melalui kolom komentar. Klik Subscribe ala kolom yang tersedia guna membaca artikel terbaru langsung ala inbox email Anda! 🙂

ebook kecepatan website

Sekian penjelasan mengenai 8 Cara Mengatasi 502 Bad Gateway Pada Website - Niagahoster Blog semoga info ini menambah wawasan salam

tulisan ini diposting pada kategori , tanggal 04-08-2019, di kutip dari https://www.niagahoster.co.id/blog/502-bad-gateway-dan-cara-mengatasinya/

Related Posts

Post a Comment