Ads 970x90

List Labels

iklan banner

Newsletter

Cara Membuat Halaman Web Pertama Menggunakan Laravel 5 Contoh Website Laravel

Post a Comment

Cara Membuat Halaman Web Pertama Menggunakan Laravel 5

Hi, selamat pagi, artikel ini akan menjelaskan mengenai contoh website laravel Cara Membuat Halaman Web Pertama Menggunakan Laravel 5 simak selengkapnya 

header-image-laravel

Bagi para developer web agak-agak telah mengetahui layak banyak framework PHP yang siap saat ini bagai CodeIgniter yang ringan dengan mudah dipelajari batas Zend Framework yang lebih kompleks dengan enterprise. Nah, kecuali framework PHP tersebut, siap satu framework lain yang menarik buat disimak yaitu Laravel.

Laravel dibangun oleh Taylor Otwell pada tanggal 22 Pebruari 2012 lalu. Framework ini melahirkan framework PHP open source dengan desain MVC (Model-View-Controller) yang digunakan buat membangun sebuah aplikasi situs web.

Di artikel ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Laravel, dari berangkat cara menginstal Laravel sampai membuat halaman mula-mula memakai framework ini. Alasan mengapa saya menulis esai tentang Laravel, kecuali lagi berisik dikalangan developer web, Laravel juga melahirkan framework PHP yang membuat kodingan menjadi lebih singkat, mudah dimengerti, dengan ekspressif sehingga cuma dengan membaca sebentar dari kode yang ditulis kita telah bisa beranggapan apa maksudnya tanpa perlu memandang dokumentasi.

Sebelum berangkat menginstal framework Laravel, pastikan di komputer anda sudah terinstal aplikasi semacam WampServer alias SecureWamp. Pada komputer saya buat esai ini memakai sistem aktivitas Windows 10 dan aplikasi XAMPP.

Ada beberapa cara sebetulnya buat menginstal Laravel, namun pada tulisan ini kita akan menginstal Laravel memakai cara Composer yaitu dengan memakai perintah composer create-project. Metode ini sangat direkomendasikan akibat Composer akan membenahi segala dependensi Laravel dengan library lainnya. Dengan bicara lain, kita tak perlu mengunduh satu persatu library yang dibutuhkan.

Instal Composer

Bagi pemakai Windows bisa melantas mengunduh Composer Installer. Buka aplikasi yang telah diunduh akan datang lakukan proses instalasi sampai selesai. Pada proses instalasi Composer akan muncul bentuk yang meminta lokasi dimana lokasi PHP diinstal, akibat pada tulisan ini memakai aplikasi XAMPP maka lokasi PHP siap pada C:/xampp/php/php.exe. Jika anda tak memakai XAMPP, silahkan gagar lokasi PHP yang siap pada komputer anda.

Instal Laravel

Setelah selesai menginstal Composer, selanjutnya kita akan menginstal Laravel dengan memakai perintah composer create-project pada Command Prompt (CMD) yang terdapat pada sistem aktivitas Windows. Karena pada tulisan ini memakai XAMPP, maka kita akan menginstal Laravel pada folder C:/xampp/htdocs/ .

Silahkan buka CMD dengan arahkan lokasi instalasi pada folder htdocs. Ikuti perintah bagai di bawah ini buat menginstal Laravel dengan membuat cetak biru baru.

composer create-project laravel/laravel project-name –prefer-dist

project-name melahirkan nama dari sebuah cetak biru yang kita buat, silahkan kandungan nama bertemu dengan keinginan. Pada kasus ini saya beri nama cetak biru belajarlaravel. Setelah itu kita cuma perlu menunggu Laravel terpasang pada komputer kita dengan nama cetak biru yang telah dibuat. Harus diingat, proses ini menghajatkan koneksi internet.

tutorial-laravel1

Setelah proses pemasangan Laravel selesai, silahkan ketik URL localhost/belajarlaravel/public buat memandang hasilnya. Sebelumnya, terlebih dahulu anda harus membocorkan aplikasi XAMPP dengan mengaktifkan web server Apache. Di bawah ini bentuk mula-mula kala kita berhasil menginstal Laravel.

tampilan-laravel-1

Menampilkan Halaman “Hello, Agan!”

Setelah berhasil menginstal alias membuat cetak biru Laravel, sekarang kita akan mencoba membuat halaman web memakai Laravel. Pada bahasa pemrograman apapun kala berguru mula-mula kali kita akan berguru menampilkan ayat “Hello, World”.

Pada tulisan ini, agar sedikit berbeda dengan agar tak mainstream maka kita akan memakai ayat “Hello, Agan!”. Halaman yang akan dibuat akan tampak bagai gambar dibawah ini.

tutorial-laravel-2

Untuk membuat halaman bagai diatas, silahkan buka cetak biru belajrlaravel menggunakan pengedit teks bagai Sublime, Notepad++, dengan lain-lain. Laravel mempunyai konsep MVC (Model-View-Controller). Untuk membuat bentuk kita akan buat pada view, untuk mengenai data kita akan simpan pada model, dengan buat akal sehat nya kita akan simpan pada controller.

Pertama kita akan membuat tampilan, silahkan buat file dengan nama hello.blade.php dan ketik koding bagai dibawah ini.

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

31

32

33

34

35

36

37

38

39

40

41

42

43

44

45

46

<!DOCTYPE html>

<html>

    <head>

        <title>Belajar Laravel</title>

//menggunakan font dari Google API

        <link href="//fonts.googleapis.com/css?family=Lato:100" rel="stylesheet" type="text/css">

        <style>

            html, body

                height: 100%;

            

            body

                margin: 0;

                padding: 0;

                width: 100%;

                display: table;

                font-weight: 100;

                font-family: 'Lato';

            

            .container

                text-align: center;

                display: table-cell;

                vertical-align: middle;

            

            .content

                text-align: center;

                display: inline-block;

            

            .title

                font-size: 96px;

            

        </style>

    </head>

    <body>

        <div class="container">

            <div class="content">

//name melahirkan variable yang ampuh nama

                <div class="title">Hello $name, Selamat Belajar Laravel :)</div>

            </div>

        </div>

    </body>

</html>

Kemudian simpan pada belajarlaravel/resources/views/hello.blade.php. Jika anda belum mengetahui, blade merupakan template engine bawaan Laravel. Blade merekomendasi sintaks yang lebih mudah dengan kecil buat dipakai dalam menghasilkan dokumen HTML.

Setelah itu, buatlah controller baru dengan nama Hello. Ketik kodingan di bawah ini buat membuat guna baru dengan nama show pada controller Hello.

<?php

namespace App\Http\Controllers;

use Illuminate\Foundation\Bus\DispatchesJobs;

use Illuminate\Routing\Controller as BaseController;

use Illuminate\Foundation\Validation\ValidatesRequests;

use Illuminate\Foundation\Auth\Access\AuthorizesRequests;

class Hello extends BaseController

    public function show($name)

     return view('hello', array('name' =>$name));

    

Setelah selesai tahap diatas, silahkan buka file routes.php yang terdapat pada cetak biru belajarlaravel/app/Http/routes.php akan datang tambahkan koding di bawah ini.

Untuk memandang hasilnya silahkan ketik URL localhost/belajarlaravel/public/hello/name pada peramban web. Jika anda ingin menampilkan nama anda, silahkan kandungan elastis name dengan nama anda.

Nah, layak mudah kan membuat cetak biru web memakai Laravel. Silahkan alokasi para developer yang tertarik dengan ingin berguru mengenai Laravel bisa lebih mengekplor mengenai framework yang satu ini.

begitulah penjelasan perihal Cara Membuat Halaman Web Pertama Menggunakan Laravel 5 semoga artikel ini berfaedah terima kasih

tulisan ini diposting pada label contoh website laravel, contoh web menggunakan laravel, contoh web laravel, , tanggal 04-08-2019, di kutip dari https://teknojurnal.com/cara-membuat-halaman-web-pertama-menggunakan-laravel-5/

Related Posts

Post a Comment