Ads 970x90

List Labels

iklan banner

Newsletter

Pengertian MySQL, Fungsi, dan Cara Kerjanya (Lengkap)

Post a Comment

Pengertian MySQL, Fungsi, dan Cara Kerjanya (Lengkap)

Hallo, selamat siang, sesi kali ini akan membawakan mengenai Pengertian MySQL, Fungsi, dan Cara Kerjanya (Lengkap) simak selengkapnya 

Website tentu sahaja menghajatkan database peladen untuk melawan beraneka macam bagai informasi. Berbagai bagai bukti dibutuhkan oleh website bagai username, password, font, URL, dan sejenisnya. MySQL merupakan salah ahad sistem tadbir database yang biasa digunakan untuk mengelola bukti tersebut.

Di esai ini aku hendak berbantah menurut lengkap melanda barang apa itu MySQL, sejarahnya, dan lagi bimbingan berlatih MySQL dari dasar.

Pengertian MySQL

MySQL merupakan sebuah database management system (manajemen alas data) menggunakan perintah dasar SQL (Structured Query Language) yang cukup terkenal. Database management system (DBMS) MySQL multi pengguna dan multi alur ini telah dipakai lebih dari 6 miliun pengguna di seluruh dunia.

Source: www.worldvectorlogo.com

MySQL merupakan DBMS yang peduli source dengan duet aliran lisensi, ialah Free Software (perangkat lunak bebas) dan Shareware (perangkat lunak berpemilik yang penggunaannya terbatas). Jadi MySQL merupakan database peladen yang bebas dengan ongji GNU General Public License (GPL) sehingga bisa Anda pakai untuk keperluan pribadi ataupun komersil tanpa kudu membalas ongji yang ada.

Seperti yang telah disinggung di atas, MySQL masuk ke di macam RDBMS (Relational Database Management System). Maka dari itu, istilah semacam baris, kolom, tabel, dipakai atas MySQL. Contohnya di di MySQL sebuah database diperoleh ahad ataupun kaum tabel.

SQL sorangan melahirkan suatu bahasa yang dipakai di di pemungutan bukti atas relational database ataupun database yang terstruktur. Jadi MySQL merupakan database management system yang menggunakan bahasa SQL sebagai bahasa penghubung antara abah-abah lunak aplikasi dengan database server.

Sejarah MySQL

MySQL merupakan pengembangan lanjutan dari cetak biru UNIREG yang dikerjakan oleh Michael Monty Widenius dan TcX (perusahaan abah-abah lunak asal Swedia).

mysql merupakan pendiri
Michael Monty Widenius

(source: www.wikipedia.org)

Sayangnya, UNIREG belum terlalu kompatibel dengan database bergairah yang dipakai di website. TcX kemudian mencari alternatif asing dan menemukan abah-abah lunak yang dikembangkan oleh David Hughes, ialah miniSQL ataupun mSQL. Namun, kedapatan masalah juga akibat mSQL tidak kontributif indexing sehingga belum sesuai dengan kebutuhan TcX.

Pada akhirnya muncul kerjasama antara bendung UNIREG (Michael Monty Widenius), mSQL (David Hughes), dan TcX. Kerjasama ini bertujuan untuk mengembangkan sistem database yang baru, dan atas 1995 dirilislah MySQL bagai yang dikenal era ini. Saat ini pengembangan MySQL berada di bawah Oracle.

Kelebihan dan Kekurangan MySQL

Setelah mempelajari pengertian MySQL dan sejarahnya, ada baiknya andaikata Anda lagi mengetahui kelewahan dan kekurangannya juga.

Meskipun menjadi database yang cukup populer, MySQL absolut memegang kaum kelewahan dan cacat dibandingkan dengan database peladen lainnya. Salah ahad cacat MySQL merupakan performanya berdansa di era kaum database tadbir sistem becus bekerja ayu atas penyelenggaraan database yang besar.

Adapun kelewahan dan cacat MySQL lain, di antaranya:

Kelebihan MySQL

MySQL memegang kaum kelewahan yang bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan abah-abah lunak yang andal seperti:

1. Mendukung Integrasi Dengan Bahasa Pemrograman Lain.

Website ataupun abah-abah lunak terkadang dikembangkan dengan menggunakan beraneka macam bagai bahasa pemrograman, oke Anda tidak harus khawatir andaikata menggunakan MySQL. Maka dari itu, MySQL bisa mendukung Anda untuk mengembangkan abah-abah lunak yang kian efektif dan absolut sahaja kian enteng dengan konsolidasi antara bahasa pemrograman.

2. Tidak Membutuhkan RAM Besar.

MySQL bisa dipasang atas peladen dengan spesifikasi  kecil. Jadi tidak harus khawatir andaikata Anda hanya memegang peladen dengan kapasitas 1 GB akibat Anda sedang bisa menggunakan MySQL sebagai database Anda.

3. Mendukung Multi User.

MySQL bisa dipakai oleh kaum user di waktu  bersamaan tanpa membuatnya crash ataupun beradu bekerja. Ini bisa Anda manfaatkan saat membenahi cetak biru yang sifatnya tim  sehingga seluruh barisan bisa bekerja di tempo bersamaan tanpa kudu menanti user asing selesai.

4. Bersifat Open Source

MySQL merupakan sistem tadbir database gratis. Meskipun gratis, bukan berfaedah database ini memegang kinerja buruk. Apalagi ongji bebas yang dipakai merupakan GPL di bawah penyelenggaraan Oracle sehingga kualitasnya termasuk baik. Selain itu, Anda lagi tidak harus khawatir andaikata terjadi masalah akibat berlimpah masyarakat dan pemilihan yang berbantah soal MySQL.

5. Struktur Tabel yang Fleksibel.

MySQL memegang struktur daftar yang enteng dipakai dan fleksibel. Contohnya era MySQL memproses ALTER TABLE dan asing sebagainya. Jika dibandingkan dengan database asing bagai Oracle dan PostgreSQL, MySQL terbilang kian mudah.

6. Tipe Data yang Bervariasi.

Kelebihan asing dari MySQL merupakan kontributif beraneka macam bagai bukti yang bisa Anda gunakan di MySQL. Contohnya float, integer, date, char, text, timestamp, double, dan asing sebagainya. Jadi tadbir database sistem ini amat mendukung Anda untuk mengembangkan abah-abah lunak yang berarti untuk penyelenggaraan database di server.

7. Keamanan yang Terjamin.

Open source bukan berfaedah MySQL mencadangkan kedamaian yang buruk. Malah sebaliknya, MySQL memegang karakteristik kedamaian yang cukup apik. Ada kaum petala kedamaian yang diterapkan oleh MySQL, bagai golongan nama host, dan subnetmask. Selain itu MySQL lagi bisa membanjarkan hak jalan masuk user dengan enkripsi password tingkat tinggi.

Kekurangan MySQL

Sayangnya, kendatipun memiliki segudang kelebihan, sedang ada kaum kedaifan yang dimiliki oleh MySQL sehingga Anda harus mempertimbangkannya lagi sebelum memakainya.

1. Kurang Cocok untuk Aplikasi Game dan Mobile

Anda yang ingin mengembangkan aplikasi game ataupun abah-abah mobile ada baiknya andaikata mempertimbangkan juga andaikata ingin menggunakan MySQL. Kebanyakan bendung game meskipun aplikasi mobile tidak menggunakannya akibat benar database tadbir sistem ini sedang minim bagus dipakai untuk sistem aplikasi tersebut.

2. Sulit Mengelola Database yang Besar

Jika Anda ingin mengembangkan aplikasi ataupun sistem di perusahaan dengan database yang cukup besar, ada baiknya andaikata menggunakan database tadbir sistem selain MySQL. MySQL dikembangkan biar ringan lidah dengan abah-abah yang memegang spesifikasi rendah, itulah mengapa MySQL tidak memiliki karakteristik yang lengkap bagai aplikasi lainnya

3. Technical Support yang Kurang Bagus

Sifatnya yang peduli source terkadang melaksanakan aplikasi tidak mencadangkan technical support yang memadai. Technical support MySQL diklaim minim bagus. Hal ini melaksanakan pengguna kesulitan. Apalagi andaikata pengguna mengalami masalah yang berhubungan dengan pengoperasian abah-abah lunak tersebut dan menghajatkan bantuan technical support.

Anda telah berlatih pengertian, sejarah, kekurangan, dan kelewahan mysql. Anda bisa melanjutkan membaca untuk berlatih MySQL dari dasar.

Belajar MySQL Lengkap

Mempelajari MySQL cukup mudah. Sesuai dengan pengertian MySQL yang telah dibahas sebelumnya, bahwa sistem tadbir peladen ini menggunakan SQL sebagai bahasa pemrogramannya. Jadi hendak kian ayu andaikata Anda kudu memahami bagaimana SQL bekerja dan aturan menggunakannya.

Mengenal SQL

SQL melahirkan bahasa perancangan yang harus Anda pahami akibat bisa merelasikan antara kaum daftar dengan database meskipun menemani database. Ada tiga aliran SQL yang harus Anda ketahui, ialah Data Definition Language (DDL), Data Manipulation Language(DML), dan Data Control Language (DCL).

CREATEDipakai untuk membuat daftar dan database.
DROPDipakai untuk menghapus database dan tabel.
ALTERDipakai untuk membarui struktur daftar yang telah ada.

Alter bisa membarui field menggunakan perintah “Change”, melangkaukan field menggunakan perintah “Add”, ataupun menghapus field menggunakan perintah “drop”, dan membarui namanya menggunakan perintah “Rename”.

Data Definition Language (DDL)

DDL berarti atas era Anda ingin mendefinisikan bukti di di database. Terdapat kaum query yang dikelompokkan ke di DDL, yaitu:

Argumen DDL di arah harus Anda pahami akibat melahirkan dasar aplikasi SQL di bagian awal pembentukan database. Contohnya sahaja andaikata belum melaksanakan perintah “CREATE”, Anda belum bisa melanjutkan aplikasi argumen yang lainnya. 

Data Manipulation Language (DML)

DML bisa Anda pakai setelah melaksanakan perintah DDL. DML berfungsi untuk memanipulasi, mengubah, ataupun membarui kandungan dari database (tabel) yang telah ada.

Terdapat kaum perintah DML yang harus Anda ketahui, yaitu:

INSERTDipakai untuk memasukkan bukti ke di daftar atas database.
UPDATEDipakai untuk mengubah bukti yang ada di di daftar atas database.
DELETEDipakai untuk menghapus bukti di di daftar atas database.

Baca juga: Cara Membuat CRUD dengan PHP dan MySQL

Data Control Language (DCL)

Jika Anda telah memegang user dan ingin membanjarkan hak jalan masuk per user, Anda hendaknya memahami beraneka macam bagai macam DCL dan aturan penggunaannya. DCL berarti untuk melepaskan hak jalan masuk database, mendefinisikan space, mengalokasikan space, dan melakukan audit aplikasi database.

Terdapat kaum perintah DCL yang harus Anda ketahui, yaitu:

GRANTDipakai untuk memberikan kerelaan kepada user untuk mengakses database.
REVOKEDipakai untuk membatalkan kerelaan user untuk mengakses database.
COMMITDipakai untuk menetapkan penyimpanan atas database.
ROOLBACKDipakai untuk membatalkan penyimpanan atas database.

Baca juga: Cara Membuat Database MySQL di cPanel

Cara Menginstall MySQL di Windows dan Linux

MySQL peladen kontributif beraneka macam bagai sistem aktivitas (cross-platform), khususnya Linux dan Windows. Proses instalasinya pun amat mudah. Jika menggunakan Windows, Anda bisa menginstall XAMPP untuk melaksanakan MySQL peladen yang di dalamnya telah diperoleh lagi modul untuk melaksanakan Apache, PHP, FileZilla, dan Tomcat.

Sedangkan di Linux, Anda bisa menginstall MySQL menurut terpisah ataupun menginstall LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP) yang telah ada modul Apache dan PHP juga. Selain itu, XAMPP lagi telah tersedia di Linux. Jadi Anda bisa menepatkan jalan instalasi sesuai dengan yang Anda nyaman dan suka.

Cara Install MySQL Server di Windows

Proses instalasi MySQL peladen menggunakan XAMPP amat mudah.

Langkah 1. Unduh file instalasi XAMPP

Anda cukup mengunduh file instalasi XAMPP lewat halaman website apachefriends.org.

Langkah 2. Install XAMPP

Setelah selesai jalan unduh, silakan eksekusi file instalasi XAMPP untuk melaksanakan jalan instalasi. Kemudian ikuti  ajaran yang ada.

Langkah 3. Aktifkan MySQL peladen menggunakan GUI XAMPP

Saat Anda selesai melaksanakan jalan instalasi hendak muncul panel dominasi XAMPP. Klik “Start” atas modul Apache dan MySQL. Sampai di aku MySQL peladen telah bisa berjalan dan telah bisa dipakai untuk melaksanakan perintah SQL.

Anda bisa mengikuti esai Cara Menggunakan MySQL di Windows untuk bimbingan selengkapnya.

Cara Install MySQL Server di Linux

Pada bimbingan aturan install MySQL Server di Linux ini hendak menggunakan Terminal sebagai contohnya. Anda bisa menggunakan aturan ini ataupun andaikata ingin kian enteng bisa melantas mengunduh file instalasi XAMPP dan menginstallnya bagai misal Windows di atas.

Langkah 1. Install Server Web Apache

Sebelum Anda melaksanakan jalan instalasi, ada baiknya untuk memodernkan repositorinya terlebih dahulu. Untuk memodernkan repositori atas Linux caranya cukup mudah, Anda bercokol membuka Terminal kemudian mengetikkan alur komentar berikut:

Kemudian jalankan perintah beserta untuk menginstall Apache.

$ sudo apt-get install apache2

Langkah 2. Mengecek Proses Instalasi Apache

Jika jalan instalasi Apache telah selesai dan berhasil dijalankan, Anda bisa mengeceknya dengan mengakses web browser kemudian membukukan bakat IP peladen ataupun bakat domain.

http://<alamat_ip_address_server>

Langkah 3. Instalasi MySQL

Proses instalasi MySQL peladen di Linux cukup menggunakan ahad perintah saja.

$ sudo apt-get install mysql-server

Proses instalasi ini hendak meminta Anda untuk memasukkan username dan password untuk jalan masuk ke di MySQL server.

Langkah 4. Pengecekan Instalasi MySQL

Anda bisa memastikan apakah jalan instalasi MySQL telah berjalan ayu ataupun belum dengan mengetikkan perintah di bawah ini.

$ sudo systemctl status mysql

Perintah di arah untuk mencoba apakah MySQL telah berjalan ataupun belum. Jika belum, Terminal hendak memajukan status ‘Error’ ataupun ‘Failed’.

Anda bisa mengikuti esai Cara Instal LAMP di Linux untuk melihat bimbingan lengkapnya.

Fungsi-fungsi di MySQL Server

Jika MySQL telah bisa berjalan dengan ayu di peladen ataupun perangkat, ada kaum guna yang bisa Anda jalankan menggunakan teks perintah (command prompt).

Untuk masuk ke di MySQL peladen buka ‘CMD’ di Windows dan ‘Terminal’ di Linux.

Login dan Logout MySQL Server

Pengertian MySQL merupakan database tadbir peladen yang cukup aman sehingga memegang aturan hak jalan masuk yang ketat. Jadi saat ingin mengakses MySQL, Anda kudu menggunakan password yang telah diatur sebelumnya.

Jika sebelumnya belum membanjarkan user untuk masuk ke di MySQL, Anda bisa menggunakan user root dengan mengetikkan perintah berikut.

apa itu mysql kode

Opsi ‘-u’ melahirkan tanda andaikata ingin login menggunakan user dengan menggunakan password yang dinyatakan dengan opsi ‘-p’.

Jika ingin keluar, Anda hanya harus mengetikkan perintah “quit” ataupun “\q”.

Opsi di MySQL Server

MySQL peladen mencadangkan kaum bantuan yang bisa Anda jalan masuk untuk membarui dan mengarsip server, ialah dengan mengetikkan perintah “\h” atau “\?” ke di aliansi MySQL yang sedang aktif.

Perhatian! Semua aliansi kudu diakhiri tanda titik koma (;). Tanda ini sebagai ajaran bahwa perintah ataupun query yang dimasukkan telah selesai dan beres dieksekusi.

mysql merupakan kode
Bantuan\h ataupun \?Dipakai untuk memajukan opsi bantuan yang tersedia di di MySQL server.
Clear\cDipakai untuk menghapus ataupun membekukan sarwa perintah yang berjalan atas ahad perintah.
Connect\rDipakai untuk me-refresh aliansi ke database yang ada di di Server Host.
Ego\GDipakai untuk memajukan bukti di di database peladen menurut horizontal
Go\gDipakai untuk mengeksekusi perintah yang telah dimasukkan.
Tee\TDipakai untuk membanjarkan area file untuk perintah yang ingin didokumentasikan.
Note\tDipakai untuk mengakhiri perintah \T yang berarti untuk mengarsip sarwa perintah yang telah dijalankan.
Print\pDipakai untuk memajukan seluruh perintah yang telah dijalankan ke layar.
Prompt\RDipakai untuk membarui ‘prompt’ sesuai dengan keinginan.
Source\.Dipakai untuk mengeksekusi perintah dari asing yang berupa file .sql
Use\uDipakai untuk masuk ke di database (mirip dengan perintah “cd” di di bash script)

Baca juga: Cara Optimasi Database MySQL dengan phpMyAdmin

Perintah Administrasi di MySQL Server

Pengertian MySQL peladen lainnya ialah sebuah database tadbir sistem yang bersifat client/server. Jadi amat bena untuk membanjarkan hak jalan masuk saban user. Pengaturan hak jalan masuk ini biar sarwa user memegang wewenang yang berbeda. Hak jalan masuk lagi bisa membanjarkan user biar hanya bisa mengakses database tertentu saja.

Pengaturan hak jalan masuk di MySQL absolut hendak amat berarti lagi pula akibat abah-abah lunak ini berjalan di jala-jala publik yang kemungkinan sarwa user bisa mengaksesnya lewat internet.

Sebelum membanjarkan hak akses, Anda kudu melaksanakan terlebih awal user MySQL selain ‘root’.

Membuat User Baru

Anda bisa menggunakan perintah SQL bernama “INSERT” untuk melaksanakan user baru ke di database di MySQL server. Adapun sintaks yang bisa Anda gunakan contohnya:

INSERT INTO user(host, user, password) VALUES(‘%’,’nama_user’,’password’);

Perintah di arah hendak melangkaukan user ke di daftar ‘user’.

Selain perintah di atas, Anda lagi bisa memakai perintah “GRANT” untuk melaksanakan user dan database. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

Langkah 1. Masuk ke Dalam MySQL Server Menggunakan User ‘Root’.

Masuk ke di database MySQL dengan menggunakan perintah beserta ini.

kode mysql adalah

Kemudian masukkan password untuk user ‘root’ untuk masuk ke di MySQL server.

Langkah 2. Membuat User Untuk Database.

Anda bisa menggunakan misal perintah beserta ini untuk melaksanakan user untuk database.

GRANT ALL PRIVILEGES ON *.* TO ‘username’@’localhost’ IDENTIFIED BY ‘password’;

Perintah di arah hendak melaksanakan user dengan hak jalan masuk menurut menyeluruh bagai ‘root’. Namun Anda lagi bisa menepatkan batasan hak ases dari per user yang dibuat dengan menggunakan perintah “SELECT” bagai perintah berikut.

GRANT SELECT ON *.* TO ‘username’@’localhost’;

Contoh dari aplikasi GRANT dan SELECT bagai kaum perintah di bawah ini.

CREATE USER ‘yasin’@’localhost’ IDENTIFIED BY ‘password’;

GRANT ALL ON db1.* TO ‘yasin’@’localhost’;

GRANT SELECT ON db2.karyawan TO ‘yasin’@’localhost’;

GRANT USAGE ON *.* TO ‘yasin’@’localhost’ WITH MAX_QUERIES_PER_HOUR 90;

Setelah selesai melangkaukan user, akhiri session menggunakan perintah “quit” ataupun “\q”.

Langkah 3. Membuat Database Menggunakan User Baru.

Masuk ke kembali ke di database peladen menggunakan user yang telah dibuat.

Kemudian buat database menggunakan perintah “CREATE”.

CREATE DATABASE nama_database;

Langkah 4. Memasukkan Tabel ke Dalam Database.

Jika database telah dibuat, Anda kudu masuk ke di database tersebut untuk melaksanakan daftar menggunakan perintah “USE”.

Setelah masuk, gunakan perintah “CREATE TABLE” untuk melaksanakan daftar sesuai dengan kebutuhan bukti yang ingin dimasukkan, contohnya di bawah ini. 

CREATE TABLE contoh( id smallint unsigned not null auto_increment, name varchar(20) not null, constraint pk_example primary key (id) );

INSERT INTO contoh( id, name ) VALUES ( null, ‘Sample data’ );

Memberikan Hak Akses ke User

Jika telah melaksanakan user lamun abai untuk melaksanakan hak akses, Anda sedang bisa mengubahnya dan melepaskan jalan masuk menggunakan perintah “GRANT”. Contoh aplikasi sintaksnya bagai berikut.

Langkah 1. Melihat Seluruh User yang Sudah Ada.

Anda bisa melihat seluruh user yang ada di di MySQL peladen menggunakan perintah “SELECT’ bagai alur perintah beserta ini.

SELECT user, host from mysql.user;

Langkah 2. Melihat Hak Akses User.

Jika telah menemukan user yang dimaksud, Anda bisa mencoba hak jalan masuk yang era ini berlaku untuk user tersebut menggunakan perintah “GRANT”.

show grants for ‘user’@’host’;

Langkah 3. Membatalkan Hak Akses User.

Sebelum membanjarkan ulang hak jalan masuk baru untuk user yang telah ada, terlebih awal Anda kudu membekukan hak jalan masuk yang berlaku era ini menggunakan perintah “REVOKE”.

revoke all privileges on *.* from ‘user’@’host’;

Langkah 4. Memberikan Hak Akses.

Berikan kembali hak jalan masuk ke user yang telah dihapuskan hak aksesnya menggunakan perintah “GRANT” dengan kaum opsi yang berlaku bagai ‘SELECT’, ‘INSERT’, ‘UPDATE’, ataupun ‘DELETE’.

GRANT SELECT, INSERT, UPDATE, DELETE ON `db`.* TO ‘user’@’host’;

Langkah 5. Melakukan flush.

Setelah selesai nir- abai untuk melakukan flush. Perintah ini berarti untuk memodernkan dan menerapkan aturan baru yang berlaku.

Kesimpulan

MySQL merupakan sebuah sistem tadbir database yang berarti untuk mengelola database di di website. Sistem tadbir database MySQL memegang berlimpah fitur. Selain itu, jalan instalasi berbatas dengan penggunaannya amat enteng sehingga bagi pengguna yang masing awam pun mungkin hendak acap untuk memahaminya.

MySQL menggunakan bahasa perancangan SQL untuk bekerja. Bahasa perancangan ini memegang kaum guna dan perintah yang bisa dipakai untuk menambahkan, mengubah, dan mengelola beraneka macam bagai tipe bukti bagai integer, float, string, dan semacamnya.

Semoga esai pengertian MySQL, fungsi, aturan kerja, dan bimbingan singkat berlatih MySQL dari dasar ini bermanfaat untuk Anda. Jika sedang ada pertanyaan ataupun tambahan asing dari Anda, silakan tinggalkan lewat kolom komentar yang tersedia di bawah ini. Jangan abai subscribe untuk mendapatkan penerangan melanda alam bisnis, teknologi, dan digital marketing dari kami.

begitulah penjelasan mengenai Pengertian MySQL, Fungsi, dan Cara Kerjanya (Lengkap) semoga info ini menambah wawasan salam

Artikel ini diposting pada kategori , tanggal 04-08-2019, di kutip dari https://www.niagahoster.co.id/blog/mysql-adalah/

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment