Ads 970x90

List Labels

iklan banner

Newsletter

Memahami Perbedaan MySQL dengan MySQLi - Niagahoster Blog

Post a Comment

Memahami Perbedaan MySQL dan MySQLi - Niagahoster Blog

Hi, bertemu kembali, di kesempatan akan membahas tentang Memahami Perbedaan MySQL dan MySQLi - Niagahoster Blog simak selengkapnya 

Jika Anda cukup mengembangkan perangkat empuk dengan embuh memanfaatkan MySQL, sedia baiknya jika melihat antagonisme MySQL dengan MySQLi lebih-lebih dahulu. Keduanya merupakan macam ekstensi yang dipakai buat mematri aplikasi dengan database MySQL Server.

Selain berbalah antagonisme MySQL dengan MySQLi, esai ini juga akan berbalah guna maupun aturan memanfaatkan MySQLi  di bahasa perancangan tertentu. 

Baca juga: Pengertian MySQL, Fungsi, dengan Cara Kerjanya (Lengkap)

Apa Itu MySQLi dengan Fungsinya?

Dalam bahasa perancangan (khususnya PHP), jika Anda memanfaatkan MySQL, ada dobel extension yang bisa Anda gunakan, yaitu MySQL extension dengan MySQLi extension. Keduanya saling mematri MySQL dengan bahasa perancangan yang Anda pakai.

Penggunaan MySQL extension saat ini telah tak direkomendasikan. Maka dari itu dikenalkan MySQLi extension sebagai penggantinya. Pengembangan MySQLi bertujuan buat kondusif beragam ala sifat mutakhir MySQL peladen ala 4.1 dengan setelahnya.

Tipe Komunikasi Antara PHP Dengan Database

Sebelum berbalah soal antagonisme MySQL dengan MySQLi, sedia baiknya buat mahir tipe-tipe hubungan antara PHP dengan database.

Ketika Anda embuh mematri database ke MySQL, setidaknya sedia empat aliansi yang bisa dipakai yaitu memanfaatkan API, Connector, Extension, dengan Driver.

Baca juga: 9+ Framework PHP Terbaik buat Developer

Apa Itu Connector?

Pada dokumentasi MySQL, connector mengarah ala sebuah cuilan dari perangkat empuk yang memungkinkan aplikasi Anda terkoneksi dengan peladen database. MySQL mempersiapkan connector buat beragam ala bahasa pemrograman, alpa satunya di antaranya ialah PHP.

Anda perlu membukukan baris aba-aba PHP buat menjalankan beragam aktivitas jika embuh mematri aplikasi dengan database server, seperti mengkoneksikan aplikasi dengan peladen database, melancarkan query ke database dengan jumlah hal yang berhubungan dengan guna database.

Apa Itu API?

API (Application Programming Interface) merupakan sebuah class, metode, fungsi, dengan variabel yang dibutuhkan sebuah aplikasi buat meminta aplikasi asing buat melancarkan tugas. Pada afair PHP dengan MySQL, API dipakai buat mengomunikasikan PHP dengan database yang sedia di MySQL memanfaatkan PHP extensions.

Mengembangan aplikasi PHP adakala membutuhkan aliansi dengan MySQL server. Anda tak perlu khawatir karena di PHP ada jumlah opsi API yang tersedia. Anda cuma tinggal menyesuaikannya dengan aplikasi yang cukup dikembangkan.

Apa Itu Driver?

Driver merupakan sebuah perangkat empuk yang didesain buat berkomunikasi dengan database peladen yang spesifik. Atau, adakala jumlah pengguna menyebutkan sebagai library, seperti MySQL Client Library atau MySQL Native Driver. Berbagai ala library ini diimplementasikan ala adat low-level yang dipakai buat berkomunikasi dengan peladen database MySQL.

Salah eka macam driver yang cawis di PHP ialah PHP Data Object (PDO).

Baca juga: Cara Membuat CRUD Dengan PHP Dan MySQL

Apa Itu Extension?

Selain API dengan Connector, PHP juga mempersiapkan extension. Seorang PHP Developer memanfaatkan extension buat memakai alat yang sedia di di MySQL server. Ada jumlah ekstensi yang sedia di PHP yaitu MySQL Extension dengan MySQLi Extension yang diimplementasikan memanfaatkan framework PHP extension.

Perbedaan MySQL dengan MySQLi di PHP

Sumber: www.wikipedia.com

Jadi di antara keempat aturan berkomunikasi antara PHP dengan MySQL di atas, apik MySQL maupun MySQLi merupakan cuilan dari extension yang disediakan oleh PHP supaya boleh terhubung dengan MySQL.

PHP MySQL extension merupakan sebuah extensi yang didesain buat mempersiapkan tampilan yang procedural yang dikembangkan buat MySQL peladen dengan ala 4.1.3 ke bawah. Pada ala 4.1.3 ke tempat extension ini juga boleh dipakai, tapi tak semua sifat yang cawis di MySQL peladen cawis di sana.

Sedangkan PHP MySQLi extension biasa dikenal dengan pembangunan MySQL (MySQL improved extension). Extension ini dikembangkan supaya pengembang aplikasi yang embuh memanfaatkan MySQL boleh memanfaatkan sifat barunya secara penuh.

Ada jumlah laba yang bisa Anda dapatkan kala memanfaatkan MySQLi, antara lain:

  • Tampilan yang object-oriented
  • Mendukung prepared statement
  • Support multiple statement
  • Mendukung proses transaksi
  • Pengembangan kemampuan debugging
  • Dukungan embedded server

Supaya bertambah bayan lagi, berikut ini merupakan gambaran antagonisme sifat antara MySQL dengan MySQLi.

Dukungan Fitur

MySQLiMySQL
Versi PHP5.03.0
Termasuk PHP 5YaYa
MySQL Development StatusActive DevelopmentHanya Maintenance
Direkomendasikan MySQL Untuk Project baruYesNo
API Mendukung CharsetYesNo
API Mendukung Server-side Prepared StatementsYesNo
API Mendukung Client-side Prepared StatementsNoNo
API Mendukung Stored ProceduresYesNo
API Mendukung Multiple StatementsYesNo
Mendukung Seluruh YesNo

Cara Menggunakan MySQLi

Tidak sedia antagonisme yang berarti di antara penggunaan MySQLi extension dengan MySQL extension. Seluruh guna yang dipakai dekat sama.

Contohnya saja kala embuh melahirkan aliansi antara MySQL server. Jika Anda memanfaatkan MySQL extension, guna yang dipakai ialah “mysql_connect()”. Bagaimana jika embuh memanfaatkan MySQLi extension? Anda cukup menambahkan abjad ‘i’ di belakangnya saja menjadi “mysqli_connect()”. Sama halnya dengan fungsi-fungsi asing yang sedia di MySQL extension.

Selain penambahan abjad ‘i’, sedia sedikit antagonisme peletakan argumen di di MySQLi extension. Jika memanfaatkan MySQL extension, penggunaan argumen diletakkan di belakang baris. Sedangkan jika Anda memanfaatkan MySQLi, argumen diletakkan di dahulu baris.

Contohnya kala Anda embuh mengakses alpa eka tabel di MySQL server.

Jika Anda memanfaatkan MySQL extension, baris aba-aba yang ditulis seperti ini.

mysql_query(“SELECT * FROM karyawan_niagahoster”, $link)

Sedangkan jika memanfaatkan MySQL, baris aba-aba yang ditulis seperti ini.

mysqli_query($link, “SELECT * FROM karyawan_niagahoster”)

Jadi argumen “$link” berpindah posisi dari ambang ke belakang, begitu lagi dengan argumen-argumen asing di MySQL server.

Baca juga: Cara Melakukan Koneksi Database ke MySQL

Perbedaan Object Oriented dengan Procedural

MySQLi mempunyai dobel tipe penggunaan, yaitu object-oriented dengan procedural.

Jika sebelumnya telah memanfaatkan MySQL dengan embuh hijrah memanfaatkan MySQL, sedia dobel opsi yang bisa Anda pakai, yaitu memanfaatkan object oriented dengan procedural. Anda cukup memilih alpa eka yang bertambah mudah dengan komposisi yang cukup dikembangkan.

  • MySQLi Tipe Procedural

Cara pencatatan ini analog dengan MySQL extension. Jadi pencatatan guna yang dipakai sama dengan penggunaan fungsi-fungsi kala mengakses database.

Contohnya sama dengan yang telah dibahas tadi, yaitu kala MySQL extension memanfaatkan “mysql_connect()”, di MySQL extension memanfaatkan “mysqli_connect()”.

  • MySQL Tipe Object Oriented

Jika memanfaatkan aturan pencatatan ini, penggunaannya harus bertimbal dengan hukum perancangan berbasis objek (object oriented programming) mudah-mudahan bisa mematri komposisi dengan MySQL server.

Contohnya kala Anda embuh mematri komposisi dengan MySQL server. Fungsi yang Anda tulis ialah “mysql_connect()” kala memanfaatkan MySQL extension, meskipun jika memanfaatkan MySQLi dengan pencatatan berbasis objek menjadi “$mysqli->query”.

Anda bisa memanfaatkan alpa eka aturan ini buat membukukan MySQLi di di bahasa perancangan yang dipakai.

Baca juga: Pengertian PHP dengan Fungsinya

Penutup

Secara umum, guna dari MySQL extension maupun MySQLi extension sama. Keduanya merupakan gawai tambahan yang dipakai buat mematri aplikasi dengan database MySQL Server. Namun, MySQL dengan MySQLi mempunyai antagonisme yang cukup berarti sehingga Anda perlu berwaspada kala memutuskan akan memanfaatkan alpa satunya.

Perbedaan MySQL dengan MySQLi ialah tipe dukungan yang disediakan. Jika MySQL cuma kondusif MySQL peladen cukup di ala 4.1.3, MySQLi boleh dipakai cukup dengan ala paling baru. Fiturnya juga bertambah banyak bisa dipakai kala memanfaatkan MySQLi dibandingkan memanfaatkan MySQL.

Semoga esai antagonisme MySQL dengan MySQLi boleh bermanfaat buat Anda. Jika lagi sedia pertanyaan silakan meninggalkan komentar melalui kolom di kolong ini. Jangan lupa juga subscribe buat mendapatkan informasi mutakhir akan dunia digital marketing, teknologi, dengan bisnis dari kami.

oke detil mengenai Memahami Perbedaan MySQL dan MySQLi - Niagahoster Blog semoga info ini berfaedah terima kasih

tulisan ini diposting pada kategori , tanggal 04-08-2019, di kutip dari https://www.niagahoster.co.id/blog/perbedaan-mysql-dan-mysqli/

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment